Apa Itu Kasih dan Apa Itu Doktrin?

Banyak orang Kristen kebingungan tentang masalah kasih dan masalah doktrin.

Kasih adalahKasih adalah perasaan sayang yg kuat terhadap seseorang. Kamus Webster berkata : love is a feeling of strong or constant affection for a person. Orang tua mengasihi anaknya, suami – Istri saling mengasihi dan lain sebagainya. Karena tidak ada orang yang tidak membutuhkan kasih dan tidak ada orang yg tidak suka dikasihi maka kasih menjadi hal yang sangat utama.

Doktrin itu apa? Dalam bahasa Indonesia disebut pengajaran. Misalnya doktrin tentang keselamatan adalah pengajaran tentang keselamatan. Doktrin keselamatan kekristenan artinya pengajaran tentang keselamatan menurut Alkitab. Agama Budha, Islam dan lain sebagainya juga punya doktrin keselamatan yang menurut kitab suci mereka.

Tentu kita percaya bahwa doktrin keselamatan yang menurut Alkitablah yang kalau diimani maka akan mengantar orang ke Sorga. Doktrin keselamatan Budha, Islam, Hindu, kita percaya akan mengantar orang ke neraka.

Kasih tidak membawa orang ke Sorga. Jika seseorang sangat mengasihi, bahkan membagikan semua hartanya kepada semua orang, itu tidak membuat orang-orang yang terima akan pergi ke Sorga, malahan mungkin bisa menjerumuskan mereka ke neraka. Sebaliknya jika kita membagikan ajaran (doktrin) tentang keselamatan yang menurut Alkitab, dan orang yang mendengar mempercayai doktrin itu, maka ia pasti akan masuk Sorga.

Kasih bisa mendorong seseorang memberikan sesuatu kepada orang lain. Dan tentu kasih yang telah mendorong banyak misionari beritakan Injil ke berbagai negara. Dan kasih yang semakin besar akan mendorong orang memberikan barang yang semakin bernilai. Jadi, kalau kita sungguh-sungguh mengasihi seseorang, apakah yang lebih bernilai daripada masuk Sorga? Beritakan Injil kepada orang yang anda kasihi, dan agar bisa memberitakan Injil dengan tepat pelajari doktrin keselamatan yang alkitabiah.

Tahukah anda apakah yang membedakan kekristenan dari Budhisme? Bukan kasih, karena mereka juga sangat menjunjung kasih bahkan dalam banyak hal mereka terlihat lebih mengasihi. Doktrinlah yang membedakan kekristenan dari Budhisme, Islam dan semua agama di dunia. Kesimpulan kita, orang Kristen yang tidak memahami doktrin tidak sanggup membedakan kekristenan dari berbagai agama lain, bahkan sangat mungkin dia belum diselamatkan karena keselamatan diperoleh bukan dengan mengasihi melainkan dengan mengimani doktrin tentang keselamatan yang alkitabiah. Saya menuliskan ini karena terdorong oleh kasih.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak kebenaran alkitabiah silakan mengunjungi www.graphe-ministry.org atau dengar radio AM 828 atau dengar lewat HP INSTALL RADIOAMGEO.
Dr. Suhento Liauw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *